Senin, 20 Februari 2023

9 Aneka Kuliner Khas Bali yang Nikmat dan Enak Para Pencinta Kuliner Wajib Untuk Mencobanya


Bali bukan hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang beragam, tetapi juga makanan kuliner yang memiliki cita rasa yang khas. Bagi para pencinta maupun penggemar  makanan kuliner yang memiliki rasa khas tersendiri, berikut aneka makanan yang nikmat dan enak khas Bali yang wajib anda coba.

  • Sate Lilit



Sate ini disajikan dengan dililitkan pada tusuk sate yang sudah dipipihkan. Bukan potongan daging yang digunakan melainkan adonan daging yang dililitkan pada tusuk sate. Tak hanya itu, kuliner Bali ini juga tidak memakai bumbu kacang.Semua bumbu telah dicampurkan dalam adonan sate sebelum akhirnya dibakar. Bahan dasarnya juga bisa dikatakan beragam. Selain daging ayam,sate lilit juga dibuat menggunakan daging ikan tenggiri.


  • Sate Plecing


Sate Plecing ini menjadi salah satu sate khas Bali yang cukup populer setelah sate lilit. Sate plecing memiliki cita rasa yang unik karena disajikan dengan bumbu plecing yang terbuat dari terasi, cabai dan bawang putih. Sate plecing biasanya dibuat dari daging babi dan memiliki aroma yang sedap, apalagi jika disiram dengan minyak dan jeruk nipis pada bumbu plecingnya. Karena terbuat dari daging babi, untuk kamu yang Muslim makanan ini non-halal ya.


  • Lawar


Lawar adalah makanan yang memadukan kenikmatan daging cincang dengan berbagai macam sayuran yang dibumbui dengan rempah. Biasanya, lawar menggunakan daging babi maupun ayam sebagai daging cincangnya. Jenis lawar pun beragam ada lawar merah,lawar kuwir, dan lawar nangka. Pembuatan lawar juga tidak susah, dan jangan lupa dinikmati bersama nasi putih, agar lebih nikmat ya!!


  • Srombotan

Srombotan adalah sayuran khas Kabupaten Klungkung, Bali. Terbuat dari sayur buah kecipir, terong bulat, pare, tauge, kubis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur.






  • Nasi Babi Guling


Nasi babi guling adalah kuliner Bali yang jadi incaran para pelancong. Makanan ini sudah terkenal di berbagai daerah di Bali. Nasi babi guling biasanya disajikan bersama lawar,srombotan dan serapah. Di Bali terdapat banyak sekali seseorang yang membuka usaha nasi babi guling, jadi para wisatawan maupun masyarakat dapat mencoba berbagai macam rasa yang berbeda.


  • Jukut Ares


Jukut ares merupakan sayuran dari batang pohon pisang yang masih muda. Biasanya jukut ares akan dicampurkan bersama tulang daging ayam untuk meningkatkan cita rasanya yang lezat. Makanan ini sangat cocok disantap selagi masih hangat didampingi dengan nasi putih.





  • Serapah Bali


Serapah adalah jenis lauk setengah basah yang terbuat dari daging yang dibumbui dengan rempah,santan,dan tepung beras sebagai pengentalnya. Umumnya masyarakat Bali membuat serapah dengan menggunakan daging babi. Namun kamu dapat menggantinya dengan daging sapi yang halal. Lauk khas Bali ini bisa dijadikan sebagai menu makan siang saat perayaan hari raya nyepi. kamu dapat menikmatinya bersama nasi campur dan sambal.


  • Ayam Betutu


Pecinta makanan pedas pasti akan menyukai makanan ayam betutu yang dihidangkan dengan berbagai bumbu rempah-rempah yang dimasukkan ke bagian dalam daging (perut daging). Sehingga akan terasa sedap saat disantapnya. Konon kuliner ini merupakan makanan favorite raja di Bali. Proses memasaknya pun sangat unik, karena daging ayam akan dibungkus dengan daun pisang kemudian di panggang. Cita rasa pedas dan gurihnya bakal terasa dalam sekali gigitan. Ayam betutu biasanya disajikan saat adanya acara keluarga maupun keagamaan.


  • Rujak Bulung Boni


Rujak bulung menggunakan rumput laut yang  digunakan untuk membuat kudapan Bali ini adalah bulung boni. Bentuknya yang menyerupai ranting bewarna hijau menyala. Saat dimasak bulung boni akan terasa kenyal. Rujak bulung disajikan dengan dicampurkan dengan bumbu kuah pindang, ditambah santan  dan parutan kelapa.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

8 Aneka Jajanan Tradisional Khas Bali Yang Akan Membuat Anda Tergila-gila Akan Cita Rasanya.

Muhammad Yudha Nardyansyah (21)/ X BDPM 2 Ni Luh Gede Nilawati (25)/ X BDPM 2 Selain berkunjung ke pantai maupun tempat-tempat wisata yang...